Bogor Jadi Kota Pertama Workshop Keliling 1O1 Travel Sketch

Bogor, Sabtu pagi itu tiba-tiba macet mulai dari pintu keluar tol Jagorawi sampai seputaran Kebun Raya Bogor. Ya.. Sabtu pagi itu ada acara pembukaan kegiatan workshop keliling “101 Travel Sketch”, yaitu workshop belajar sketching bareng yang sebagai kota perdananya diadakan di Bogor. Hebatkan?

Tapi yang membuat macet jalanan Bogor tentu saja bukan karena acara kami saja, kebetulan hari itu tanggal 28 Oktober, ada banyak sekali acara memperingati Sumpah Pemuda di Bogor, salah satunya kirab remaja di Istana Bogor bersama Pak Jokowi. Tapi paling tidak semarak dan semangatnya dengan acara sketchwalk sama bukan? hehe..

Berlokasi di halaman parkir depan The 101 Hotel Bogor Suryakencana, tenda besar sengaja dipasang. Pembukaan acara begitu heboh dan semarak seakan seluruh peserta dan penyelenggara larut dalam keseruan awal kegiatan travel sketch ini. Pembukaan acara dilakukan oleh Pak Budi sebagai CEO Panorama Group, lalu ada perwakilan dari Kemenpar, Pemkot Bogor, dan yang lebih seru lagi dengan munculnya Kang Triawan Munaf – Ketua Badan Ekonomi Kreatif.

Ide awal kegiatan acara workshop keliling ini dicetuskan bersama antara Panorama Group, The 101 Hotel Group, dan Sketchwalker. Berawal dari keinginan bersama untuk mengangkat atensi dari destinasi wisata sebuah kota dengan medium sketsa. Terlebih lagi dengan maraknya aktivitas kreatif sketching ini mulai merebak di banyak sekali kota-kota di Indonesia. Untuk Kota Bogor sendiri, tuan rumahnya adalah komunitas sketching Bogor Sketchwalkers.

Materi acara di Bogor kali ini antara lain mulai dari kelas workshop sampai lelang karya. Kelas workshop sendiri dibagi menjadi empat kelas yang pematerinya adalah Iqbal, Motulz, Seto, dan Coretanino. Materinya selain tentang travel sketch juga tentang teknik cat air,  human interaction, sampai food sketching. Jumlah peserta workshop kurang lebih mencapai 215 pendaftar. Namun lebih serunya lagi yaitu dengan adanya workshop khusus “junior sketchwalker” atau workshop sketching untuk anak-anak yang dipandu oleh Sheila.

Selain acara workshop tentu ada juga acara sketchwalk atau jalan-jalan sambil menggambar bersama di lokasi. Lokasi yang dipilih panitia Bogor Sketchwalkers adalah – sudah pasti Kebun Raya Bogor, lalu sekitaran Jalan Suryakencana sampai pelosok Pulo Geulis di tepian cabang Sungai Ciliwung. Antusias peserta sangatlah tinggi, terlihat dari semangat mereka saat mau berjalan kaki mulai dari terik matahari sampai hujan deras. Beruntung juga karena panitia sigap dengan membekali peserta mulai dari jaket hujan, payung, hingga buah pisang sebagai pengganjal lapar.

Acara di Bogor ini hanya awal dari serangkaian acara di kota lain yang akan disinggahi workshop keliling 101 Travel Sketch. Kota berikutnya adalah Jogjakarta yang rencananya akan dilaksanakan pada awal Januari 2018. Tentu dengan agenda workshop-nya pun yang berbeda dengan di Bogor. Termasuk para sketcher pemberi materinya. Nah! untuk informasi lengkapnya bisa cek langsung saja di www.101travelsketch.com

Terima kasih Bogor! keseruan dan kehebohannya tak akan terlupakan.

Travel Sketch Source: http://sketchwalker.com/index.php/2017/11/01/bogor-jadi-kota-pertama-workshop-keliling-101-travel-sketch/