1O1 Travelsketch Yogyakarta

Bagi sketcher, bisa berada di satu tempat yang asik untuk melakukan sketching bersama-sama itu adalah sebuah keseruan dan keasyikan tersendiri yang sangat istimewa. Apalagi dilakukan di tempat yang istimewa pula.

Pak Walikota Yogyakarta Pak Haryadi Suyuti membuka acara 101 Travel Sketch edisi Yogyakarta

Sebagai pembuka di awal tahun 2018, Kota Yogyakarta sepakat dipilih menjadi kota kedua ajang lanjutan rangkaian tur kegiatan 101 Travel Sketch. Yaitu ajang kegiatan kelas, workshop, dan sketchwalk bersama bertema “jalan-jalan sambil sketching” atau travel sketch. Kegiatan ini digagas sebagai upaya mengajak masyarakat yang baru mulai tertarik ingin mencoba belajar membuat sketsa atau catatan dalam bentuk sketsa. Selain itu acara ini juga menjadi ajang temu muka dan temu kangen para sketcher – baik pemula maupun senior, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk melakukan sketching bersama. Juga memanfaatkan kegiatan ini sebagai sebuah inisiatif kreatif penunjang pariwisata kota lewat sketsa. 101 Travel Sketch merupakan kerjasama ciamik antara Panorama Hospitality Management (PHM), The 101 Hotel, bersama Sketchwalker. Setelah Bogor menjadi kota pertamanya dan Yogyakarta sebagai kota kedua, harapannya semoga akan berlanjut keliling ke kota-kota berikutnya, seperti Bandung, Malang, Jakarta, Palembang, dan Bali!

Nah, ada yang unik dan berbeda untuk ajang 101 Travel Sketch edisi Yogykarta ini, mulai dari acara tambahan, seperti diskusi santai (wedhangan) yang dihadiri oleh banyak seniman dan perupa Jogja yang datang bersama Mas Butet Kartaredjasa. Lalu ada perform menggambar di badan bus White Horse oleh Mas Cyndo dari Indonesia’s Sketcher Jogja, saat car free day di Jalan Malioboro. Hingga art market dan art perform di kawasan Titik Nol.

Yogyakarta memang selalu istimewa, selain melibatkan banyak seniman dan perupa Yogyakarta seperti Mas Nasirun dalam kegiatan malam diskusi, juga saat sketching bersama di Titik Nol bersama Pak Djoko Pekik, di malam terakhir acara 101 Travel Sketch – seperti sebelumnya maka diadakan acara  fun auction atau lelang karya sketsa. Yaitu semua peserta sketch boleh mengajukan karya sketsanya untuk dilelang kepada sesama sketcher dan panitia.

Salah satu peserta “sketching for kids” dari yayasan anak autis

Bagaimana tidak istimewa, lelang sore hari berhasil ditutup dengan total perolehan diangka 11,8 juta. Lalu lelang malam harinya bersama para tokoh, pengusaha, dan Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi, lelang ditutup diangka 24,5 juta! Yang makin istimewa lagi adalah gagasan dari Gusti Kanjeng Ratu supaya acara sketsa ini bisa membawa manfaat juga bagi yang lain, maka sebagian dari total hasil lelang tadi akan didonasikan kepada yayasan anak-anak autis.

Keistimewaan Yogyakarta selalu menjadi ciri yang terus terawat oleh masyarakatnya. Kegiatan sketchwalking di Jogja kali ini sungguh sangat menyenangkan, seru, dan penuh kenangan. Semoga aktivitas sketching dan sketchwalking peserta 101 Travel Sketch di Jogja ini bisa terus berlanjut bersama teman-teman komunitas Indonesia’s Sketcher cabang Yogyakarta!

Sketchwalk di Klenteng

Keseruan ini masih berlanjut, akan ada lagi ajang sketching bareng dan workshop keliling di kota lainnya. Sampai bertemu lagi di edisi selanjutnya 101 Travel Sketch di Kota Bandung !

Source: http://sketchwalker.com/index.php/edisi-istimewa-kali-ini-101-travel-sketch-di-yogyakarta/